Kamis, 24 November 2011

MTsN BARABAI



MTsN BARABAI
Alamat : Jl. Abdul Muis Redhani No. 80. Telp. 0517 41454 Barabai.Kode Post 71000
Kecamatan : Barabai
Kabupaten : Hulu Sungai Tengah
Propinsi : Kalimantan Selatan
MTsN Barabai didirikan pada tahun 1976, bermula dari PGA 6 tahun
         Pada tanggal 14 Februari 2011, kepala MTsN Barabai melantik Pengurus OSIS masa bhakti 2011/2012, yang dipilih secara demokratis dengan pemilihan langsung. Dalam susunan kepengurusan periode ini ditambah satu seksi , yaitu Seksi Lingkungan Hidup, diharapkan dengan tambahan satu seksi tersebut akan menambah wawasan dan kepedulian lingkungan kepada semua warga madrasah. Penanaman pemahaman terhadap generasi muda harus semakin digalakkan, tanpa ada upaya dan terobosan-terobosan dan kepedulian akan lingkungan hidup tidak mustahlil bumi akan menjadi gersang terutama pencemaran dari bahan anorganik ( sampah platik dan sejenisnya ) . Oleh karena itu Pendirian Bank Sampah  salah satu bentuk upaya MTsN Barabai untuk mengorganisir sampah plastik.
         Dalam  3 minggu ke depan adalah tahap persiapan dan sosialisasi tentang pelaksanaan pengumpulan sampah plastik  kepada semua warga madrasah. sebagai informasi awal bahwa bank sampah Madasah akan buka 3 ( tiga ) hari dalam satu minggu ( Selasa, Kamis, dan Sabtu ), dinama  menabung terdiri dari 25 nasabah penabung yang terdiri dari 24 kelas dan 1 dewan guru dan karyawan/karyawati yang masing-masing nasabah akan diberikan 1 buku / katu tabungan .
         Hasil dari penjualan sampah tersebut akan dimasukkan ke dana Usaha Kesehatan Madrasah , dan sebagai tindak lanjut program tersebut tekah ditunjuk sebagai Direkturnya adalah Hermayati, S.Pd. yang akan dibantu oleh seksi LH dari pengurus OSIS. Mohon do’a restu semoga BANK SAMPAH MADRASAH (BSAM) dapat berjalan dan berkembang di setiap madrasah/ sekolah.
MTsN BARABAI memberikan jam tambahan untuk menghadapi UAMBN dan UN
Dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar  siswa MTsN Barabai mengupayakan dengan memberikan jam tambahan  terhadap mapel yang UAMBNkan dan di UN kan.dimana dalam pelaksanaan jam tambahan tersebut dilaksanakan  lima hari setiap miggu. Hal tersebut sesuai  hasil sosialisasi antara orang tua siswa dengan pihak madarasah yang dilaksanakan pada taggal 29 Januari 2011 . Disamping itu pihak madrasah juga memonitor kegiatan belajar siswa di rumah dengan menggunakan kartu kedali belajar mandiri. dan siswa wajib melaksanakan pebelajaran di rumah sesuai jadwal reguler harian. Dan bagi siswa yang tidak melaksanakan pembelajaran di rumah  diberikan sanksi tidak diperbolehkan mengikuti pelajaran sesuai dengan mapel pada jam pelajaan dan hari tersebut. Hal tersebut dilakukan dikarenakan siswa terindikasi belum dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah secara benar. kegiatan tersebut tetap akan dievaluasi oleh pihak madrasah , seandainya program tersebut  belum sesuai yang diharapkan oleh madrasah. Insya Allah pihak madrasah akan membuat program  baru yang akan memberikan pembiasan '' TIADA HARI TANPA BELAJAR. "

Ruang
Jumlah
Luas (m2)
Parkir Sepeda Guru
1
35
Parkir Sepeda Siswa
3
300
R. UKS
1
40
Kolam Ikan
1
6
Kebun Mad
2
40
Toga
1
8
Kebun Sayur
1
8
Komposter
1
1
Lapangan Basket
1
384

        Mulai tahun 2010 Perpustakaan MTsN Barabai  mulai bergeliat untuk lebih memperbaiki, terutama pada bidang administrasi dan bidang yang lainnya. Karena disadari bahwa perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar bagi semua warga madrasah. Hal demikian terbukti dengan penghargaan yang diraihnya dalam lomba perpustakaan SMP/MTs se Kab. HST yang diikuti oleh perwakilan setiap kecamatan . Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. HST.
       Selain tropi dan piagam juga mendapat sejumlah uang pembinaan, yang akan dimanfaatkan untuk mendanai beberapa kekurangan . Pihak madrasah menyadari bahwa untuk  TA 2010 baru menganggarkan sebesar Rp. 2.500.000,-. Kepala Madrasah berkomitmen untuk tahun 2011 akan menganggarkan dana dengan porsi yang lebih besar , terutama difokuskan pada penambahan koleksi buku dan berwacana untuk mengganti katalog dengan sistim IT. Semoga MTsN Barabai semakin Jaya.

MTsN Barabai Juara UKS SMP/MTs Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Dengan terpilihnya MTsN Barabai meraih juara I UKS SMP/MTs Se kab. HST maka MTsN Barabai mewakili Kab. HST ke tingkat Prov. Kal Sel. hal demikian dicapai berkat kerja sama semua pihak yang terkait yaitu Kantor Kemenag. Kab. HST, Dinas Penidikan kab. HST, Dinas Kesehatan, Puskesmas Kec. Barabai, Camat Barabai, Komite , BPLH, tentunya berkat dukungan Pemkab. HST. hal demikian terlihat pada waktu visitasi tim penilai tk. Propinsi  tgl 15 Okt 2010, dimana ibu bupati Hj. Tintaniah Harun Nur Rasyid juga hadir memberikan suport, dan bahkan beliau berjanji jika MTsN Barabai terpilih mewakili Prop. Kal Sel akan membina sepenuhnya demi membawa nama baik HST dan Propinsi Kal Sel ke tingkat Nasional. karena kata kepala Madrasah jika MTsN Barabai bisa meraih prestasi terbaik di level nasional hal demikian akan membawa dampak positip dalam rangka upaya Adipura untuk MURAKATA tercinta.
       Memang apa yang dihasilkan, belum sesuai dengan yang kita harapkan. Akan tetapi kita sebagai umat harus secara legowo menerimanya. Manusia harus berkeyakinan bahwa inilah yang terbaik bagi MTsN Barabai.
Juara II bukan prestasi  sembarangan, karena upaya yang dilakukan tidaklah mudah, untuk bersaing dengan  perwakilan dari 13 kabupaten dan kota seluruh Prov. Kal Sel.
      Bagi MTsN Barabai hasil itu harus disyukuri dan akan dijadikah sebagai  motivasi untuk tahun-tahun mendatang, kepala  madrasah menyadari, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi dan semua warga madrasah Insya Allah bertekad untuk membawa MTsN Barabai dapat meraih penghargaan UKS sampai di level nasional.
      Prestasi yang diperoleh tidak terlepas dari berbagai unsur, baik dari Kantor Kementerian Agama Kab. HST, juga dari Puskesmas Kec. Barabai, Dinas Kesehatan Kab. HST, BPLH, Camat Barabai, dan pihak-pihak lain yang membantu baik secara materiil maupun imatriail.
       Selain menerima penghargaan berupa tropi, juga diberikan uang pembinaan sebesar Rp. 3.500.000,- yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Propinsi
      Kepala Madrasah mengharapkan di iven-iven mendatang agar kerjasama yang telah terjalin dengan baik tersebut dapat ditingkatkan.

      Tidak ada kata terlambat dalam memulai suatu pekerjaan. Untuk mempermudah dalam pengolahan nilai hasil evaluasi pembelajaran  mulai tahun ini kembali menggunakan aplikasi, Sehingga akan memudahkan terutama wali kelas dalam merekap nilai yang diserahkan oleh masing masing guru yang memampu mata pelajaran.
      Dalam program aplikasi ini pihak madrasah terbantu dengan adanya sumbangan 3 ( tiga ) unit komputer dari orang tua / wali siswa kelas VII. Program madrasah ke depan bahwa setiap kelas harus  ada  satu unit komputer yang dikelola oleh masing -masing wali kelas, sehingga  untuk program aplikasi hasil evaluasi pembelajaran masih diperlukan 21 ( dua puluh satu ) unit lagi hal  itu didukung oleh kemempuan guru dalam menguasai IT. Program tersebut dikoordinasi oleh Wakabid. Akademik II.
      Perangkat sistim aplikasi tersebut terpisah dengan komputer yang ada di laboratorium komputer, jadi tidak akan mengganggu berlangsungnya pembelajatan TIK .

Kelompok Barabai


Kelas               : E/B
Jurusan            : Bahasa Inggris
Anggota          :
1.      Randy Saputra
2.      Khairatun Azmi
3.      Misdawati
4.      Rizqi Amalia
5.      Siti Aisyah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar